browse

Sebelum memahami secara detail apa itu Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB), mari lihat perbedaan dan kriteria masing-masing program berikut:

updated_kriteria.png

 

 

Magang Bersertifikat adalah sebuah program di mana Mahasiswa bekerja di organisasi Mitra sebagai intern untuk terlibat dalam proyek nyata yang memberikan nilai strategis bagi industri. Di program Magang Bersertifikat, Mitra akan berperan sebagai penyedia program Magang yang berkualitas tinggi dan memenuhi kriteria serta syarat dari Kemendikbudristek.

Calon Mitra Magang diwajibkan menggunakan metode luring (offline) dalam aktivitas magang. Jika metode mitra tidak luring (offline), Mitra dapat membuat Surat Keterangan tertulis terkait alasan metode yang digunakan dan dikirimkan ke tim MSIB.


Syarat & Ketentuan Mitra Magang untuk MSIB 4

1. Diutamakan badan hukum Perseroan Terbatas (PT) Terbuka atau Penanaman Modal Asing atau Foreign Direct Investment (FDI) yang telah beroperasi sekurang- kurangnya 12 bulan.

2. Perusahaan berbadan hukum perdata yang memiliki program magang berkualitas tinggi yang menjadi favorit pilihan Mahasiswa MSIB 1 - 3.

3. Preferensi bergerak pada sektor bidang usaha yang terdapat pada IDX Industrial Classification atau IDX-IC yang meliputi:

  • Energi (Energy)
  • Bahan Baku (Basic Materials)
  • Industri (Industrials)
  • Barang Konsumsi Primer (Consumer Non-Cyclicals)
  • Barang Konsumsi non Primer (Consumer Cyclicals)
  • Layanan Kesehatan (Healthcare)
  • Keuangan (Financials)
  • Properti (Properties dan Real Estate)
  • Teknologi & Infrastruktur (Technology & Infrastructures)
  • Transportasi & Logistik (Transportation & Logistic)
  • Produk Investasi Resmi (Listed Investment Product)

4. Preferensi bergerak pada sektor bidang usaha lain yang menjadi prioritas pemerintah sesuai peraturan yang berlaku.

5. Perusahaan Mitra bersedia menerima peserta dalam jumlah yang besar (minimal 50)


Kriteria Program Berkualitas

  • Mitra menyediakan program dengan durasi pembelajaran 1 semester
  • Rancangan pembelajaran yang terstruktur dengan learning outcome yang terukur
  • Mitra memiliki proposal, dan rancangan project yang baik untuk setiap kelompok Mahasiswa yang akan bergabung di organisasi/perusahaan Mitra
  • Program dirancang untuk meningkatkan kesiapan Mahasiswa memasuki dunia kerja
  • Proyek practical, artinya memiliki urgensi dan bersifat strategis yang menjadi hal penting sebagai sarana pembelajaran Mahasiswa
  • Mahasiswa akan magang secara full time, kurang lebih 8 (delapan) jam sehari
  • Menugaskan Mentor profesional yang berdedikasi untuk membimbing mahasiswa (ratio jumlah Mentor dibanding Mahasiswa yaitu 1:10)
  • Kualitas Mentor memiliki relevansi dengan project yang diajukan

Dokumen yang wajib disiapkan Mitra

  1. Softcopy SK Kemenkumham/Akta Pendirian/SIUP/TDP/SK KPA
  2. Softcopy NPWP
  3. Softcopy NIB atau izin sejenis
  4. Proposal program
  5. Logo perusahaan
  6. Data rekening perusahaan Mitra (jika mengajukan pendanaan)
  7. Data Mentor
  8. Surat Pernyataan Mitra tidak sedang dalam proses hukum, merger, atau akuisisi dengan badan hukum lain
  9. Laporan Keuangan yang sudah teraudit secara publik, minimal 2 (dua) tahun terakhir.

Khusus untuk lembaga atau institusi pemerintah dapat melampirkan softcopy Undang-Undang Pembentukan sebagai pengganti berkas NIB dan SK Kemenkumham.

Studi Independen adalah program pembelajaran non-gelar yang diselenggarakan oleh organisasi Mitra dan bisa diikuti oleh mahasiswa peserta program MSIB. Program Studi Independen diselenggarakan dalam bentuk kursus singkat, kemah kerja (bootcamp), massive open online course (MOOC), dan sebagainya yang diakhiri dengan studi kasus untuk memastikan kompetensi yang dimaksudkan dalam program telah dipelajari dengan baik. Di program Studi Independen, Mitra akan berperan sebagai penyedia program yang berkualitas tinggi dan memenuhi Syarat & Ketentuan serta Kriteria dari Kemendikbudristek.

Pada program Studi Independen Bersertifikat, Mitra dapat mengajukan biaya kursus (tuition fee). Biaya kursus akan mengacu pada besaran yang tercantum dalam Berita Acara Negosiasi antara Program MSIB dengan Mitra. Namun perlu diketahui, nominal biaya kursus yaitu maksimal Rp1.300.000 untuk per bulan dan per Mahasiswa.


Syarat & Ketentuan Mitra Studi Independen

  1. Organisasi Mitra dan/atau grup usaha memiliki NIB Pelatihan/Pendidikan yang relevan (khusus yang akan mengajukan pendanaan)
  2. Organisasi Mitra dan/atau grup usaha merupakan pihak ketiga yang bersedia membantu menyiapkan Mahasiswa agar lebih siap dan mudah dalam berkarier di masa depan
  3. Organisasi Mitra dan/atau grup usaha bersedia menerima peserta dalam jumlah yang besar (minimal 100 mahasiswa)

Dokumen yang perlu disiapkan Mitra Studi Independen

  1. Softcopy SK Kemenkumham/Akta Pendirian/SIUP/TDP/SK KPA
  2. Softcopy NIB pelatihan/pendidikan (wajib bagi mitra SI)
  3. Softcopy NPWP
  4. Rancangan Anggaran Biaya (RAB)
  5. Proposal program
  6. Logo perusahaan
  7. Data rekening perusahaan Mitra (jika mengajukan pendanaan)
  8. Data Mentor
  9. Surat Pernyataan Mitra tidak sedang dalam proses hukum, merger, atau akuisisi dengan badan hukum lain
  10. Laporan Keuangan yang sudah teraudit secara publik, minimal 2 (dua) tahun terakhir.

Khusus untuk lembaga atau institusi pemerintah dapat melampirkan softcopy Undang-Undang Pembentukan sebagai pengganti berkas NIB dan SK Kemenkumham.


Kriteria Program Berkualitas

  1. Berdurasi pembelajaran selama 1 semester 
  2. Dirancang untuk meningkatkan kesiapan Mahasiswa memasuki dunia kerja
  3. Memiliki desain pembelajaran yang terstruktur dengan learning outcome yang bisa diukur dengan jelas
  4. Memiliki rancangan project yang baik untuk setiap kelompok Mahasiswa yang akan bergabung di organisasi/perusahaan Mitra penyelenggaran program, yang ditunjukkan dalam proposal yang diajukan calon Mitra
  5. Bisa diikuti oleh mahasiswa secara full time, dengan durasi sekitar 8 (delapan) jam sehari
  6. Berupa pembelajaran berbasis proyek yang melibatkan kerja sama tim multidisipliner dan memiliki capstone/final project yang berdampak nyata (memberikan dampak ekonomi atau sosial untuk industri/masyarakat)
  7. Memiliki panduan/pembekalan project yang akan dilakukan sebelum project dimulai
  8. Memiliki laporan dan kajian hasil program Studi Independen yang dapat berguna dan dipakai untuk proyek di masa depan (continuity), dan juga bisa diterapkan bersama Mitra pendidikan lain
  9. Mencakup pembentukan keahlian dan kompetensi teknis & non-teknis (soft skill)
  10. Menyediakan Mentor profesional dari perusahaan/instansi masing-masing yang akan mendedikasikan waktu untuk membimbing Mahasiswa peserta dengan rasio jumlah Mentor dibanding Mahasiswa 1:25.
  11. Memberikan sertifikasi kompetensi yang diakui industri di bidang teknologi dan digital kepada Mahasiswa peserta di akhir pembelajaran

Kebijakan Fokus pada Talenta Digital

Ekonomi digital Indonesia diperkirakan akan tumbuh pesat hingga bernilai Rp 1.700 triliun pada 2025. Indonesia diperkirakan akan membutuhkan hingga 600.000 talenta digital setiap tahunnya. Mempersiapkan talenta digital yang mumpuni merupakan salah satu inisiatif yang didorong langsung oleh Presiden RI demi mempersiapkan dan memperkuat generasi berikutnya dalam menghadapi tantangan di masa depan.

Program Studi Independen Kampus Merdeka akan fokus pada penyediaan talenta digital yang dibutuhkan di masa depan, sehingga diharapkan dalam satu hingga dua tahun mendatang bisa memenuhi ratusan ribu kebutuhan akan talenta digital tersebut. Program Studi Independen dari Mitra penyelenggara akan diprioritaskan untuk:

  1. Mitra yang bergerak di atau memiliki bidang industri teknologi digital
  2. Mitra yang bisa memberikan pembelajaran komprehensif untuk penguasaan kompetensi talenta digital

Namun untuk pendaftaran tidak dibatasi pada Mitra selain 2 (dua) kategori di atas.


Pengembangan Talenta Digital

Pengembangan talenta digital dalam pembelajaran Studi Independen mencakup namun tidak terbatas pada 3 (tiga) tingkat:

  1. Pembelajaran literasi teknologi digital, yaitu kemampuan teknologi digital pada level paling dasar, yang meliputi pemahaman dasar, pengenalan teknologi digital, hingga praktik langsung dalam penguasaan teknologi tersebut
  2. Pembelajaran kemampuan teknis talenta digital, yang meliputi pemahaman alur logika sistem teknologi digital, hingga praktik langsung dalam sebuah proyek atau studi kasus yang didampingi oleh mentor ahli
  3. Pembelajaran untuk membentuk pemimpin dalam proyek teknologi digital, yang di antaranya meliputi analisis dan arsitektur sistem, penetapan Minimum Viable Product (MVP), perancangan waktu kritis, dan analisis Return on Investment (RoI) atas sebuah proyek.

Program “teknologi digital” yang dapat masuk ke dalam prioritas program MSIB didefinisikan sebagai specialist technological skills yang menjadi karakteristik profesi-profesi baru yang tercipta dengan berkembangnya teknologi digital dan internet. Specialist technological skills tersebut dapat dikategorikan ke dalam beberapa bidang ilmu berikut:

  • Software Engineering (termasuk Web Development dan Application Development)
  • Complex Data Analysis (termasuk Artificial Intelligence dan Machine Learning) 
  • User-centric designing (UI/UX)
  • Conception and administration of networked IT systems
  • Smart hardware dan robotics development (termasuk komponen apapun untuk intelligent hardware, software, dan internet of things)
  • Blockchain technology development
  • Technology Product Management 

Beberapa contoh program dan kemampuan teknologi digital yang menjadi prioritas untuk program Studi Independen bisa dilihat dalam tabel di bawah ini:

blobid0.png

Fokus terhadap specialist technological skills di atas sangat diperlukan, agar kesiapan talenta industri 4.0 di Indonesia dapat tercipta dan akan semakin relevan dalam 5-10 tahun ke depan.

 

 

 

 

 Mohon pastikan seluruh dokumen yang Anda kirim adalah dokumen yang lengkap dan dokumen asli.

  • Jika dokumen tidak lengkap, maka Mitra akan didiskualifikasi dari program MSIB 
  • Jika ditemukan dokumen palsu, maka Mitra akan di-blacklist pada program MSIB

 

Selanjutnya, mari simak cara membuat proposal untuk program MSIB pada artikel berikut:

Ketentuan Proposal

 

Bantu tingkatkan kualitas artikel ini dengan memberikan Like!

Silakan berikan umpan balik Anda mengenai artikel ini melalui sesi voting di bagian bawah halaman. Umpan balik Anda sangat berarti bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas informasi yang disajikan.


Cara memberikan umpan balik/vote:

  1. Temukan pertanyaan "Apakah artikel ini membantu?" di bagian bawah halaman ini
  2. Klik Sangat Membantu jika Anda merasa puas dengan informasi yang disajikan

Namun jika Anda belum puas dengan informasi yang disajikan, maka lakukan langkah berikut:

  1. Klik Tidak Membantu
  2. Pilih alasan mengapa belum puas
  3. Klik Kirim Tanggapan

 

 

Sebelumnya
Selanjutnya
5559233007129

Komentar

1 comment

Please sign in to leave a comment.

Apakah Artikel ini membantu?
Powered by Zendesk